Home > Hikmah

Niat, Doa, dan Tata Cara Sholat Tahajud, Agar Terkabul Hajat Dunia Akhirat

Sholat Tahajud boleh dilaksanakan sendirian atau berjamaah.
Sholat Tahajud. Sholat Tahajud boleh dilaksanakan sendirian atau berjamaah. Foto: Republika
Sholat Tahajud. Sholat Tahajud boleh dilaksanakan sendirian atau berjamaah. Foto: Republika

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Kapan terakhir kali Sedulur Sholat Malam? Jika Sedulur membaca tulisan ini pada tengah malam dan sudah menegakan Sholat Isya, paksakan diri untuk Sholat Tahajud walau hanya dua rakaat. Bagi Sedulur yang belum tahu atau mungkin lupa bagaimana tata cara melaksanakan Sholat Malam, simak penjelasannya di bawah ini.

Berdasarkan HR Al-Bukhari dan Muslim dari Aisyah, waktu pelaksanaan Sholat Tahajud adalah selepas Sholat Isya sebelum waktu Subuh tiba. Tetapi yang paling baik adalah pada sepertiga akhir malam (Berdasarkan HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Jabir).

BACA JUGA: Berapa Rakaat Rasulullah Sholat Tahajud, Sampai-Sampai Kaki Beliau Bengkak?

Sesuai HR Muslim dari Ibnu Abbas, Sholat Tahajud boleh dikerjakan secara berjamaah dan boleh juga dilakukan sendirian. Diawali dengan Sholat Iftitah dua rakaat. (Berdasarkan HR. Muslim, Ahmad dan Abu Daud dari Abu Hurairah).

Sebelum membaca al-Fatihah pada rakaat pertama, membaca doa iftitah: “Subhaanallaahi dzil-malakuuti wal-jabaruuti wal-kibriyaa’i wal ‘adzamah”. Artinya: “Maha suci Allah, Dzat yang memiliki kerajaan, kekuasaan, kebesaran, dan keagungan.”

BACA JUGA: Hukum Seorang Muslim Ucapkan Selamat Natal kepada Umat Nasrani, Halal, Haram, Boleh, atau Dilarang?

Dalam Sholat Iftitah hanya membaca Surah Al-Fatihah (tidak membaca surat lain) pada tiap rakaat. (Berdasarkan HR. Abu Daud dari Kuraib dari Ibnu ‘Abbas). Adapun bacaan lainnya seperti; bacaan ruku’, i’tidal, sujud dan lainnya sama seperti Sholat biasa.

Sholat iftitah boleh dilakukan secara berjamaah maupun sendiri-sendiri. (Berdasarkan HR ath-Thabrani dari Hudzaifah bin Yaman). Setelah Sholat iftitah, melaksanakan Sholat sebelas rakaat.

BACA JUGA: Doa Setelah Sholat Tarawih dan Witir dalam Tulisan Arab, Latin, Serta Artinya

Beberapa hadits Nabi Muhammad saw menjelaskan bahwa Sholat Tahajud bisa dilaksanakan dengan berbagai cara, di antaranya adalah:

1. Empat rakaat + empat rakaat + tiga rakaat (4 + 4 + 3 = 11 rakaat) (Berdasarkan HR. Al-Bukhari dari ‘Aisyah); atau

2. Dua rakaat iftitah + dua rakaat + dua rakaat + dua rakaat + dua rakaat + dua rakaat + satu rakaat (2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 1 = 13 rakaat). (Berdasarkan HR. Muslim dari ‘Aisyah).

Pada sholat Witir, hendaknya membaca Surah al-A’la setelah Al-Fatihah pada rakaat pertama, Surah Al-Kafirun pada rakaat kedua, dan Surah Al-Ikhlas pada rakaat yang ketiga. Setelah salam, sambil duduk membaca: “Subhanal-malikil-qudduus.” (3x), lalu membaca: “Rabbil-malaaikati war-ruuh” (Berdasarkan HR. al-Baihaqi, juz 3/ no. 4640; Thabrani, juz 8/ no. 8115; Daruqutni, juz 2/ no. 2, dari Ubay bin Ka’ab. Hadits ini dikuatkan oleh ‘Iraqi).

Terakhir, Sedulur bisa berdoa kepada Allah meminta segala hajat dunia dan akhirat.

.

TONTON VIDEO PILIHAN:

BACA JUGA: Tranformasi Republika: Dari UGC hingga Demokratisasi Konten

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
> Download Minecraft PE 1.19.11 Versi Terbaru: Mudah, Cepat, Gratis Update Fitur Baru

> Download Video TikTok Pakai SssTikTok, Gratis, Aman, Mudah Anti-ribet

> MP3 Juice: Gratis Download Lagu/MP3 dari YouTube, Awas Ketagihan

> Download Lagu (MP3) dari YouTube, GratisTinggal Klik Pakai Savefrom.net, Aman dan Gampang

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

> Download Lagu MP3 Gratis dari YouTube Pakai MP3 Juice Lalu Simpan di HP: Cepat dan Mudah

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image