Home > Hikmah

Berapa Rakaat Rasulullah Sholat Tahajud, Sampai-Sampai Kaki Beliau Bengkak?

Aisyah r.a mendapati kaki Rasulullah bengkak karena Sholat Tahajud sampai menjelang Subuh.
Sholat Tahajud. Aisyah r.a mendapati kaki Rasulullah bengkak karena Sholat Tahajud sampai menjelang Subuh. Foto: Republika
Sholat Tahajud. Aisyah r.a mendapati kaki Rasulullah bengkak karena Sholat Tahajud sampai menjelang Subuh. Foto: Republika

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Pernah mendengar jika Rasulullah shalallahu alahi wassalam melaksanakan Sholal Tahajud sampai kaki beliau bengkak? Lantas berapa rakaat Rasulullah melaksanakan Sholat Tahajud?

Tata cara pelaksanaan Sholat Tahajud atau Sholat Lail sama dengan Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan, yakni sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari selepas Sholat Isya. Sesuai hadist riwayat al-Bukhari, “Dari Abu Salamah bin ‘Abdur Rahman (diriwayatkan) bahwa dia bertanya kepada ‘Aisyah r.a.: Bagaimana tata cara sholat Nabi saw pada bulan Ramadhan? ‘Aisyah r.a. menjawab: Beliau sholat (sunah qiyamul–lail) pada bulan Ramadhan dan bulan-bulan lainnya tidak lebih dari sebelas rakaat. Beliau sholat empat rakaat, maka jangan kamu tanya tentang kualitas bagus dan panjangnya, kemudian beliau sholat lagi empat rakaat, maka jangan kamu tanya tentang kualitas bagus dan panjangnya kemudian beliau sholat tiga rakaat." [H.R. al-Bukhari Nomor 3304].

BACA JUGA: Doa Setelah Sholat Tarawih dan Witir dalam Tulisan Arab, Latin, Serta Artinya

Dari hadist tersebut dipahami Rasulullah Sholat Tahajud tidak lebih dari 11 rakaat, baik di bulan Ramadhan maupun di luar bulan Ramadhan. Tata cara pelaksanaannya yaitu dengan empat rakaat salam, empat rakaat salam, dan diakhiri dengan witir tiga rakaat.

Namun selain formasi 4-4-3, ada formasi lain dalam melaksanakan Sholat Tahajud berdasarkan hadist berikut: “Dari ‘Aisyah (diriwayatkan) dia berkata: Rasulullah melakukan salat antara Isyak dan Subuh sebanyak sebelas rakaat. Beliau mengucapkan salam pada setiap dua rakaat dan melakukan witir dengan satu rakaat” [H.R ad-Darimi Nomor 1538].

BACA JUGA: Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

Dari hadis tersebut dapat diketahui Rasulullah saw mengerjakan Sholat Malam berjumlah sebelas rakaat dengan cara dua rakaat salam, dua rakaat salam hingga berjumlah sepuluh rakaat dan diakhiri witir satu rakaat. Istilah salat tahajud berasal dari firman Allah swt dalam Alquran surah al-Isra’ (17) ayat 79.

.

TONTON VIDEO PILIHAN:

BACA JUGA: Tranformasi Republika: Dari UGC hingga Demokratisasi Konten

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
>
Download Minecraft PE 1.19.11 Versi Terbaru: Mudah, Cepat, Gratis Update Fitur Baru

> Download Video TikTok Pakai SssTikTok, Gratis, Aman, Mudah Anti-ribet

> MP3 Juice: Gratis Download Lagu/MP3 dari YouTube, Awas Ketagihan

> Download Lagu (MP3) dari YouTube, GratisTinggal Klik Pakai Savefrom.net, Aman dan Gampang

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

> Download Lagu MP3 Gratis dari YouTube Pakai MP3 Juice Lalu Simpan di HP: Cepat dan Mudah

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image