Home > News

Dukun Bisa Lihat Jin dan Mengaku Menikah dengan Jin, Dapatkah Dipercaya?

Jin adalah sebutan untuk makhluk yang tidak kelihatan dan tercipta dari api.
Jin. Jin adalah sebutan untuk makhluk yang tidak kelihatan dan tercipta dari api. Foto: Republika.
Jin. Jin adalah sebutan untuk makhluk yang tidak kelihatan dan tercipta dari api. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Dalam beberapa hari terakhir sejumlah orang yang tergabung dalam Asosiasi Dukun Indonesia yang berseteru dengan Pesulap Merah alias Marcel Radhival membuat pengakuan pernah melihat jin, mengajarkan ngaji jin, memberi makan jin, bahkan sampai ada pengakuan kakeknya menikah dengan jin. Lalu apakah manusia yang mengaku melihat jin dalam bentuk aslinya dapat dipercaya?

Mengutip dari Muhammadiyah.or.id, sumber pengetahuan tentang jin adalah Alquran dan hadis Rasulullah. Dengan demikian, pengetahuan kita tentang mereka itu dapat diterima karena bersumber kepada sumber yang sangat valid dan akurat.

BACA JUGA: Mau Liburan ke Puncak Pekan Ini? Cek Jadwal Ganjil Genap Kawasan Puncak Bogor Akhir Agustus 2022

Alquran dan hadis menggolongkan jin ke dalam al-ghaibiyyat atau hal-hal gaib, yaitu hal-hal yang tidak bisa kita lihat dengan mata kepala. Orang-orang yang bertakwa percaya dan yakin dengan al-Ghaibiyyat (QS. Al-Baqarah: 2-3).

Adanya jin --juga setan dan iblis termasuk ke dalam hal-hal yang diketahui umum dari urusan agama (minal ma’lum minad din bidh dharurah). Orang yang tidak percaya adanya jin, setan dan iblis itu akan tergolong menjadi orang kafir, karena tidak percaya dengan Alquran dan hadis yang telah menceritakannya.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Amplop Kiai Honor Ceramah Tertukar dengan Sopir, Pantas Isinya Tipis

Lantas, Apa dan Siapakah Jin itu?

Baca di halaman selanjutnya...

× Image