Home > News

Pesan Gus Baha untuk Fans Fanatik K-Pop: Jangan Berlebihan karena akan Kecewa

Kalau apa-apa berlebihan pasti tidak baik.
KH Ahmad Bahauddin Nursalim. Menurut Gus Baha, jangan terlalu berlebihan ngefans kepada seseorang atau sesuatu, termasuk K-Pop. Foto: IST.
KH Ahmad Bahauddin Nursalim. Menurut Gus Baha, jangan terlalu berlebihan ngefans kepada seseorang atau sesuatu, termasuk K-Pop. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Twitter dalam beberapa hari terakhir menjadi gelanggang perang seorang penggemar fanatik K-Pop yang ingin melaporkan orang yang menghina idolanya ke polisi. Sikap ini pun dinilai berlebihan, apalagi dia sampai membawa-bawa kapolda, tentara, aktivis HAM, sampai politikus Golkar.

Ulama muda nan karismatik, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menyampaikan pesan untuk seluruh fans fanatik K-Pop untuk tidak bersikap berlebihan terhadap idolanya. Sebab menurut Gus baha, sesuatu yang berlebihan tidak baik karena risikonya akan mudah kecewa.

BACA JUGA: Di Mana Allah? Begitu Dekat, Ada di Mana Saja, atau Bersemayam di Langit (Arsy)?

Tidak bisa dipungkiri industri hiburan Korea memang menyebar ke seluruh dunia. Sayangnya, banyak di antara fans K-Pop bersikap terlalu berlebihan hingga seperti mengkultuskan idolanya.

Gus Baha ketika mengisi acara di Narasi TV, Shihab & Shihab yang tayang di kanal YouTube Najwa Shihab pada Jumat, 31 Juli 2020, ditanya netizen tentang bolehkah seseorang ngefans K-Pop secara berlebihan.

BACA JUGA: Nabi Muhammad Itu NU Apa Muhammadiyah?

"Mohon pendapatnya tentang seseorang yang menjadi fans K-Pop fanatik atau ngefans banget sama idolanya. Apakah itu tidak apa-apa, atau sebaiknya jangan?" kata Najwa Shihab membacakan pertanyaan netizen.

"Iya pasti jawabannya 'jangan'. Kalau apa-apa berlebihan pasti tidak baik, karena nanti risikonya gampang kecewa," kata Gus Baha.

BACA JUGA: UAS Dideportasi, Teringat Gus Dur yang Marah ke PM Singapura karena Sebut Indonesia Sarang Teroris

× Image