Home > Hikmah

Gus Baha: Nabi Musa Berdoa 40 Tahun Baru Dikabulkan, Umat Sekarang Baru Berdoa Sebentar Sudah Gundah

Menurut Gus Baha umat Islam hanya perlu berdoa dan bertindak tanpa berlebihan memikirkan dunia.
KH Ahmad Bahaudin Nursalim alias Gus Baha. Menurut Gus Baha umat Islam hanya perlu berdoa dan bertindak tanpa berlebihan memikirkan dunia.
KH Ahmad Bahaudin Nursalim alias Gus Baha. Menurut Gus Baha umat Islam hanya perlu berdoa dan bertindak tanpa berlebihan memikirkan dunia.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Nabi Musa butuh waktu 40 tahun agar doanya mengalahkan Firaun dikabulkan Allah. Sementara pada zaman sekarang, umat Muslim mulai gundah ketika doanya tak kunjung dikabulkan. Pernyataan itu disampaikan KH Ahmad Bahaudin Nursalim alias Gus Baha sebagai pengingat agar Umat Muslim hanya perlu berdoa dan bertindak tanpa berlebihan memikirkan dunia.

Menurut Gus Baha, umat saat ini sudah banyak yang mulai mendikte Allah ketika diberikan sebuah kegagalan atau doanya belum dikabulkan dengan cepat. "Sesuatu yang dikehendaki Allah itu pasti baik-baik saja," kata Gus Baha dalam video berjudul "Yang Terbaik adalah Pilihan Allah".

BACA JUGA: Humor Gus Baha: Suami Beruntung Itu yang Punya Istri Suka Ngomel, Cukup Sabar Dapat Pahala

Ketika Nabi Musa berperang melawan Firaun, cerita Gus Baha, Nabi Musa berdoa kepada Allah SWT agar bisa mengalahkan Firaun. Hal ini terdapat dalam surat Yunus ayat 88-89, seperti berikut ini:

Wa qalaa musaa rabbanaa innaka aataita fir'auna wa mala`ahu znataw wa amwaalan fil-hayaatid-dun-yaa, rabbanaa liyudillu 'an sabilik, rabbanatmis 'alaa amwaalihim wasydud 'alaa qulubihim fa laa yu`minu hattaa yarawul-'azaabal-alm.

Qala qad ujibad da'watukumaa fastaqimaa wa laa tattabi'aanni sabilallazina laa ya'lamun

Musa berkata: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau telah memberi kepada Fir'aun dan pemuka-pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia, ya Tuhan Kami -- akibatnya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan Engkau. Ya Tuhan kami, binasakanlah harta benda mereka, dan kunci matilah hati mereka, maka mereka tidak beriman hingga mereka melihat siksaan yang pedih".

AlIah berfirman: "Sesungguhnya telah diperkenankan permohonan kamu berdua, sebab itu tetaplah kamu berdua pada jalan yang lurus dan janganlah sekali-kali kamu mengikuti jalan orang-orang yang tidak mengetahui".

BACA JUGA: Gus Baha: Andai Tahlilan Baik Pasti Dilakukan Sahabat, Gak Mungkin Kan Sahabat Nahlili Nabi Muhammad

Menurut Gus Baha, kegagalan itu tidak lagi dianggap hikmah, tapi dianggap masalah. "Dulu itu tidak, para nabi itu berdoa, seperti nabi Musa berdoa itu baru dikabulkan 40 tahun. Nabi Musa mengalahkan Firaun itu menunggu sampai 40 tahun. tarung kalah tarung kalah, biasa itu bagi para nabi," kata Gus Baha.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:
>
GP Ansor Bantah Anggota Banser Lecehkan Tsamara Amany: Fotonya Dicatut

> Humor Gus Dur: Pastor Lega Dikira Gak Jadi Diterkam Harimau, Ternyata Harimaunya Lagi Baca Doa Makan

> Sempat Tantang Novel Bamukmin Duel, Denny Siregar: Gak Jadi Deh, Gw Males Bulan Puasa Berantem

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image