Home > Legenda

"Jangan Percaya Nyi Roro Kidul, Itu Kisah Bualan, Jelmaan Setan"

Nyi Roro Kidul adalah dewi legendaris Indonesia yang sangat populer dikenal sebagai Ratu Laut Selatan.
Nyi Roro Kidul. Buya Yahya mengatakan Nyi Roro Kidul adalah setan yang menjelma. Foto: IST.
Nyi Roro Kidul. Buya Yahya mengatakan Nyi Roro Kidul adalah setan yang menjelma. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sebagian masyarakat Indonesia masih kental dengan budaya percaya kepada roh. Seperti di sebagian masyarakat Jawa yang masih memegang kuat kepercayaan akan sosok Nyi Roro Kidul. Padahal, menurut ulama karismatik asal Cirebon, KH Yahya Zainul Ma'arif atau yang akrab disapa Buya Yahya, Nyi Roro Kidul adalah setan yang menjelma.

"Nyi Roro Kidul kisah bualan. Memang paling kaya setan itu kan Indonesia Raya. Semua kembali kepada iblis, setan, jin," kata Buya Yahya dalam satu ceramahnya.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Gempa Yogya Terjadi karena Nyai Roro Kidul Marah Dipaksa Pakai Jilbab

Menurut Buya Yahya, Indonesia memiliki kepercayaan akan makhluk halus yang sangat banyak. Termasuk sosok Nyi Roro Kidul.

"Kita itu punya Tuyul, Demit, Wewe Gombel, Kuntilanak, Nyi Blorong, Nyi Roro Kidul. Semuanya itu syaiton, jin dari bangsa iblis. Gak ada Nyi Roro Kidul. Jangan percaya Nyi Roro Kidul," ujar Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah itu.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

Ia berkata, jika memang ada sebuah tempat yang diyakini sekelompok manusia tiba-tiba muncul atau ada sesuai keyakinannya, hal tersebut itu bukan karena sesuatu itu benar-benar ada. Akan tetapi menurut Buya Yahya hal itu adalah setan yang menjelma. "Setan itu mengikuti jalan pikirannya manusia," ujar dia.

× Image