Home > Humor

Humor Gus Dur: Kiai Pendiri Gontor Dolan Malah Disuguhi Kopi Celana Dalam

Gus Dur menyuguhkan kopi memakai gelas yang sebelumnya dilap menggunakan celana dalam.
Gus Dur dan Gus Mus. Saat di Mesir, Gus Dur pernah iseng mengerjai Kiai Syukri Zarkasyi dengan menyuguhkan kopi yang gelasnya dilap mengunakan celana dalam. Foto: IST.
Gus Dur dan Gus Mus. Saat di Mesir, Gus Dur pernah iseng mengerjai Kiai Syukri Zarkasyi dengan menyuguhkan kopi yang gelasnya dilap mengunakan celana dalam. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur.. Ini cerita tentang "kenakalan" Gus Dur ketika masih muda. Tak tanggung-tanggung, salah satu korban yang menjadi kenakalan Gus Dur adalah satu dari trimurti pendiri Pesantren Gontor, KH Syukri Zarkasyi.

Cerita pertemuan Gus Dur dan Kiai Syukri terjadi di Mesir. Gus Dur yang sudah lebih dulu belajar di Al Azhar Mesir tinggal bersama KH Mustofa Bisri alias Gus Mus. Saat itu, Kiai Syukri baru datang dari Indonesia dan dolan ke tempat kos Gus Dur dan Gus Mus sebagai sesepuh.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Penggali Kubur Semangat Injak-Injak Kuburan Orang Kaya karena Dendam Pernah Disakiti

"Assalamualaikum, kulo nuwon Gus," kata Kiai Syukri, seperti diceritakan Cak Nun.

"Lho Syukri tho," kata Gus Dur.

Dari ruang tamu Gus Dur meminta Gus Mus memasak air karena ada tamu. Gus Dur lalu mengambil gelas dan selembar kain yang ternyata celana dalam. Kain itu pun dipakai untuk ngelap gelas yang dibawa Gus Dur.

BACA JUGA: Humor Santri: Saking Saktinya, Pendekar Madura Sunat "Burung" Seekor Nyamuk

Sembari mengelap gelas menggunakan celana dalam, Gus Dur berbincang dengan Kiai Syukri. Mulai dari keadaan pesantren hingga kabar ayahnya.

Tak lama Gus Mus dari dapur berteriak memberitahu Gus Dur jika air sudah matang. "Gus Dur, ini sudah umep banyu ne (sudah matang airnya)," kata Gus Mus.

BACA JUGA: Humor NU: Orang Muhammadiyah Ikut Tahlilan Tapi Gak Bawa Pulang Berkat, Diledek Makan di Tempat Saja

Lalu Gus Dur ke dapur meracik kopi untuk tamunya, Kiai Syukri. Gus Dur menuangkan air ke dalam gelas yang sudah dilapnya memakai celana dalam.

Kopi itu pun diaduk Gus Dur bukan menggunakan sendok, melainkan sikat gigi. "Lho..lho..lho...," kata Kiai Syurki. "Kok ngono Gus."

Kopi buatan Gus Dur itu pun disuguhkan ke Kiai Syukri dengan sikat gigi masih berada di dalam gelas. "Hayok diombe, Kri (ayo diminum, Kri)," kata Gus Dur.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
>
Humor Gus Dur: Biarkan Pendemo Lempari Rumah Soeharto, Paling Kacanya Pecah
>
Humor Gus Dur: Deheman Kiai Bikin Santri yang Ketahuan Mencuri Ikan Nyaris Ngompol
>
Humor Gus Dur: Pendeta Baptis Mobil Kiai, Dibalas Kiai Sunat Motor Pendeta
>
Pak AR Ingin Daftar Jadi Mahasiswa Malah Diminta Jadi Dosen Agama Islam
>
Asal Usul Nama-Nama Tempat di Jakarta: Dari Ancol Sampai Kampung Ambon

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image