Home > Humor

Jawaban Abu Nawas Saat Ditanya Raja Harun Ar-Rasyid: Lebih Banyak Mana Ikan di Laut atau Bintang di Langit?

Abu Nawas selalu memiliki jawaban yang membuat sang raja puas tentang lebih banyak ikan atau bintang.

Humor Abu Nawas

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Pernah Sedulur punya pertanyaan, mana lebih banyak bintang di langit atau ikan di laut? Pertanyaan itu ternyata pernah diberikan Raja Harun Ar-Rasyid kepada Abu Nawas.

"Wahai Abu Nawas, manakah yang lebih banyak jumlahnya: bintang-bintang di langit ataukah ikan-ikan di laut?" tanya Raja Harun Ar-Rasyid.

Raja Harun Ar-Rasyid memang kerap memberikan pertanyaan nyeleneh kepada Abu Nawas. Namun Abu Nawas selalu memiliki jawaban yang membuat sang raja puas.

"Ikan-ikan di laut," jawab Abu Nawas.

Baca Juga: Humor Gus Dur: Diundang ke Istana Presiden, Para Kiai Malah Ngomongin Hantu Belanda

Baginda raja yang tak puas pun kembali mengejar dengan pertanyaan. "Bagaimana kamu bisa langsung memberikan jawaban begitu, apakah kamu pernah menghitung jumlah mereka?" tanya Baginda.

"Paduka yang mulia, ikan-ikan di laut setiap hari ditangkapi dalam jumlah besar oleh banyak orang. Tetapi jumlah mereka tetap banyak, seolah-olah tidak pernah berkurang,” kata Abu Nawas menjelaskan.

“Lalu dengan bintang-bintang di langit?” tanya Raja Ar-Rasyid lagi.

“Jumlah mereka juga banyak, tapi bintang-bintang di langit tidak pernah ditangkapi dan tidak pernah diambili, makanya jumlah mereka tidak pernah berkurang," kata Abu Nawas.

Baca Juga: Untung Suropati, Budak VOC yang Melawan Belanda Hingga Dapat Gelar Pahlawan Nasional

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image