Home > Humor

Humor Gus Dur: Semua Presiden Indonesia Itu KKN

Gus Dur mengatakan semua presiden Indonesia itu KKN dengan ciri masing-masing.
Gus Dur mengatakan semua presiden Indonesia itu KKN dengan ciri masing-masing.
Gus Dur mengatakan semua presiden Indonesia itu KKN dengan ciri masing-masing.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sepanjang 76 tahun merdeka, Indonesia memiliki tujuh presiden. KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur adalah salah satunya. Presiden keempat Indonesia itu bisa dibilang satu-satunya presiden yang gemar melontarkan guyonan.

Dalam buku Tertawa Bersama Gus Dur: Humornya Kiai Indonesia, dituliskan Gus Dur mengisi khutbah dalam acara pernikahan putra seorang kiai di lingkungan Pondok Pesantren Pajarakan, Probolinggo, Jawa Timur, pada Agustus 2002. Saat itu, di atas pentas pengantin Jawa di hadapan ratusan tamu undangan, Gus Dur langsung melontarkan guyonan.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kalau Punya Duit Saya Mending Dagang Rambutan daripada Bikin Bank Islam

Gus Dur berkata jika semua Presiden Indonesia itu KKN. Semua tamu undangan pun terdiam. Sebab, sudah hampir bisa dipastikan mereka mengira KKN yang dimaksud Gus Dur adalah Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN).

Namun Gus Dur menjawab kebingungan semua orang. "Kok bisa?" tanya Gus Dur.

"Ya, presiden pertama (Soekarno) itu saya katakan Kanan Kiri Nona (KKN). Presiden kedua (Soeharto) juga KKN, tapi yang ini Kanan Kiri Nabrak. Yang ketiga (Habibie) malah lebih parah lagi, Kecil-Kecil Nekat. Yang keempat (Gus Dur) Anda sudah tahu semua, Kanan Kiri Nuntun. Yang terakhir, yang satu ini (sambil tertegun beberapa saat) Kayak Kuda Nil."

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Guus Hiddink Orang NU yang Bawa Korsel ke Semifinal Piala Dunia

Ucapan Gus Dur pun membuat semua tamu tertawa. Tertawa pun semakin lama ketika Gus Dur merinci, kuda nil itu memiliki ciri-ciri tertentu yakni bertubuh besar, senang berendam, kurang bergerak dan jarang bicara.

"Saya kira, presiden yang sekarang ini (Megawati) ternyata KKN juga. Tetapi KKN-nya: Kayak Kuda Nil," katanya disambut tertawa dan tepuk tangan.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kiai Wahab Tabrakan karena Ngerem Motornya Pakai Kaki

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image