Home > Hikmah

Rasulullah Gemar Bersedekah Bahkan Lebih Cepat daripada Angin yang Berhembus

Rasulullah sangat ringan dan cepat dalam memberi. Beliau tanpa banyak berpikir, sebagaimana angin yang berhembus.


KURUSETRA -- Salam Sedulur... Kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membuat beliau menjadi teladan bagi umatnya. Bahkan, saat hendak meninggal dunia pun, Rasulullah masih sempat mensedekahkan semua uang milik beliau.

Bahkan pada bulan Ramadhan, sedekah Rasulullah akan bertambah berkali-kali lipat. Seperti diceritakan Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari, no.6)

Baca Juga: Rahasia Sehat Nabi Muhammad, Ini yang Membuat Rasulullah Jarang Sakit

Ini juga ditegaskan oleh Anas bin Malik radhiallahu’anhu:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling berani dan paling dermawan.” (HR. Bukhari no.1033, Muslim no. 2307)

Rasulullah menaikkan jumlah amalnya selama Ramadhan. Bahkan dalam hadits, kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dikatakan melebihi angin yang berhembus.

Diibaratkan demikian karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat ringan dan cepat dalam memberi. Beliau tanpa banyak berpikir, sebagaimana angin yang berhembus cepat.

Baca Juga: Saat Perayaan Maulid Nabi di Majelis Habib Kwitang, Daging Kambing di Nasi Kebuli Bebas Kolesterol

Dalam hadits juga angin diberi sifat ‘mursalah’ (berhembus), mengisyaratkan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki nilai manfaat yang besar. Bukan asal memberi, serta terus-menerus sebagaimana angin yang baik dan bermanfaat adalah angin yang berhembus terus-menerus.

Penjelasan ini disampaikan oleh Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Baari. Karena itu Sedulur yang mengaku meneladani beliau sudah selayaknya memiliki semangat yang sama. Yaitu semangat untuk bersedekah lebih sering, lebih banyak dan lebih bermanfaat.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image