Home > Sejarah

Israel Pernah Rayu Gus Dur Agar Indonesia Buka Hubungan Diplomatik

Hubungan diplomatik antara RI-Israel belum terwujud berkat dorongan masyarakat Indonesia yang menolak rencana Gus Dur tersebut.

Indonesia dan Israel tak pernah punya hubungan diplomatik.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Selama merdeka, Indonesia konsisten menentang penjajahan Israel terhadap rakyat Palestina. Namun, Indonesia berkali-kali dirayu untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel, seperti permintaan kepada Presiden Gus Dur.

Sejumlah negara di dunia memberikan dukungan kepada Israel, terutama yang memiliki hubungan mesra dengan negeri penjajag tersebut. Dukungan kepada Israel datang menyusul situasi di Jalur Gaza dan perbatasan wilayah pendudukan Zionis Israel sedang memanas, di mana Pejuang Hamas melancarkan serangan ke Tel Aviv yang dibalas oleh tentara Israel.

Israel juga tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Karena itu, banyak rakyat Indonesia menentang penjajahan Israel terhadap bangsa Palestina.

Baca Juga: Siapa Hamas, Pejuang Palestina dari Jalur Gaza yang Bikin Israel Kebakaran Jenggot dan Nyatakan Perang

Bicara penolakan Israel, ada kisah lucu dari Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang disebut pernah berhasil "menggocek" Negeri Zionis tersebut.

Diceritakan Ustadz Tengku Zulkarnain tentang kekagumannya kepada Gus Dur yang dinilainya sebagai sosok cerdas dan murah hati. Kecerdasan Gus Dur menurut Ustadz Tengku Zul bisa dilihat dari cara menjalin hubungan dengan negara-negara lain, termasuk Israel.

Baca Juga: Hamas Serang Israel, Begini Perjuangan Indonesia dan Soekarno Mati-matian Membela Palestina

"Saya tidak melihat Gus Dur pro Zionis," tegas Ustadz Tengku Zul dalam sebuah video. Pernyataan Ustadz Tengku Zul berlandaskan kabar jika Gus Dur dekat dengan Israel, sampai-sampai cucu KH Hasyim Asyari itu disebut mendapatkan dana hibah dari Israel.

Menurut Ustadz Tengku Zul, Gus Dur memang mendapatkan dana untuk membuat hubungan diplomatik dengan Israel. "Tapi, sampai beliau wafat dia enggak buat. Itu cerdasnya Gus Dur. Dia menolak halus dengan tidak membuat hubungan diplomatik antara RI-Israel," kata Ustadz Tengku Zul.

Baca Juga: Timnas Indonesia Vs Palestina dan Kisah Soekarno Menentang Penjajahan Israel

Israel pernah mendesak Gus Dur membuka hubungan diplomatik antara Israel-Indonesia. Namun Gus Dur berkilah dengan mengatakan bisa tapi sudah dan lama.

Karena Israel terus mendesak Gus Dur lalu menyampaikan ide untuk membuka hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel kepada rakyat. Hasilnya tentu saja  berbagai penolakan datang dari rakyat Indonesia.

Baca Juga: Polemik Penolakan Timnas Israel, Ternyata Umat Yahudi Sudah Ada di Indonesia Sejak Zaman Belanda

Gus Dur menyampaikan keinginan Israel...

Rakyat Indonesia Menolak

Saat itu juga, kata Ustadz Tengku Zul, Gus Dur menyampaikan kepada Israel penolakan tersebut. "Saat itu juga orang Israel diam sampai sekarang. Gus Dur bisa saja buat hubungan diplomatik, tapi sulit dan butuh waktu yang lama," ujar Ustadz Tengku Zul.

Ustadz Tengku Zul pun menegaskan tidak membela Gus Dur dalam kasus usaha membuka hubungan diplomatik Indonesia-Israel. "Saya enggak membela Gus Dur. Saya juga tidak mencari jabatan dengan memuji Gus Dur. Beliau juga sudah wafat," ucap Ustadz Tengku Zul.

Namun dia menyatakan tidak perlu menanyakan kecintaan Gus Dur kepada NKRI. Hubungan diplomatik antara RI-Israel belum terwujud berkat dorongan masyarakat Indonesia yang menolak rencana Gus Dur tersebut.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image