Home > Teknologi

Orang Indonesia Habiskan Waktu Lebih dari 6 Jam untuk Main HP, Nonton YouTube dan Buka WhatsApp, Instagram, Hingga TikTok

Empat dari lima aplikasi yang paling lama dibuka per harinya, adalah media sosial, yakni YouTube, TikTok, WhatsApp, Instagram, dan Chrome.

Main HP. Orang Indonesia menghabiskan lebih dari 6 jam per hari untuk membuka media sosial.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Laporan terbaru dari Media State of Mobile 2024 yang dirilis Data.AI awal 2024, mengungkapkan masyarakat Indonesia banyak menghabiskan waktunya di HP. Mereka menghabiskan waktu lewat HP untuk membuka media sosial seperti menonton video-video di YouTube.

Laporan tersebut menunjukkan orang Indonesia paling banyak menghabiskan waktunya di platform layanan video milik Google tersebut dengan total waktu 69,9 miliar jam sepanjang 2023. Artinya sepanjang 2023 rakyat Indonesia yang menggunakan HP lebih dari 6 jam. Durasi itu meningkat 3 persen secara tahun ke tahun atau year on year (YoY) dibanding 2022.

Indonesia berada di peringkat pertama, di posisi kedua ditempati Thailand dengan 5,64 jam per hari, disusul Argentina di posisi ketiga dengan 5,33 jam per hari. Sementara Arab Saudi di posisi keempat dengan 5,28 jam sehari, dan Brazil di posisi lima besar dengan 5,02 jam sehari.

Baca Juga: Cara Download Lagu MP3 Lewat Google: Mudah dan Cepat

Rakyat Indonesia menghabiskan waktu di HP atau tablet untuk membuka media sosial. Empat dari lima aplikasi yang paling lama dibuka per harinya, adalah media sosial, yakni YouTube, TikTok, WhatsApp, Instagram, dan Chrome Browser.

Setelah YouTube, orang Indonesia paling banyak menonton TikTok. Tercatat, warga RI menghabiskan waktu 64,8 miliar jam di TikTok sepanjang 2023, naik 33 persen YoY.

Peringkat ketiga diisi aplikasi pesan singkat milik Meta, WhatsApp, dengan total penggunaan 59,1 miliar jam sepanjang tahun lalu. Aplikasi media sosial Instagram duduk di peringkat keempat dengan durasi 28,4 miliar jam di platform berbagi foto dan video tersebut.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image