Home > News

Di Mana Letaknya Ujung Dunia? Ini 4 Tempat yang Disebut Sebagai Ujungnya Bumi

Kalimat ujung dunia adalah sebuah kiasan jika bumi memiliki ujung, tetapi secara geografis ujung dunia adalah titik luar di bumi.

Ujung Dunia. Di mana letaknya ujung dunia di muka bumi ini?

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sedulur pasti sering mendengar kalimat "sampai ke ujung dunia" yang ada di sejumlah syair atau lirik lagu. Apakah kalimat ujung dunia sebuah kiasan ataukah memang bumi kita punya ujung? Lantas di mana letaknya ujung dunia?

Ujung dunia adalah istilah untuk menggambarkan suatu tempat yang berada di luar batas pengetahuan atau pemahaman manusia. Secara geografis, ujung dunia adalah titik paling utara, selatan, timur, dan barat di bumi.

Di dunia paling utara, titik dataran bumi berada di pulau Oodaaq di Greenland. Pulau yang ditemukan pada 2021 oleh para peneliti dari Universitas Kopenhagen ini terletak pada koordinat 83°40′44″LU, 20°27′00″BB. Pulau Oodaaq sebelumnya disebut bagian dari pulau Pulau Kaffeklubben, tetapi penelitian terbaru menunjukkan kedua pulau tersebut terpisah oleh selat yang sempit.

Baca Juga: Orang Indonesia Habiskan Waktu Lebih dari 6 Jam untuk Main HP, Nonton YouTube dan Buka WhatsApp, Instagram, Hingga TikTok

Sementara Ujung dunia paling selatan adalah titik daratan paling selatan di Bumi, yaitu stasiun penelitian Amundsen-Scott di Kutub Selatan. Stasiun penelitian Amundsen-Scott di Kutub Selatan yang didirikan pada 1956 Amerika Serikat tersebut terletak pada koordinat 90° LU, 0° BB. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun penelitian kutub paling terpencil di dunia.

Ujung dunia paling barat adalah titik daratan paling barat di Bumi, yaitu Tanjung Dezhnev di Rusia. Tanjung Dezhnev di Rusia dinamai dari penjelajah Rusia, Semyon Dezhnev, yang menjadi orang Eropa pertama yang melihat tanjung ini pada tahun 1648. Tanjung yang terletak pada koordinat 169°40′00″BB, 66°00′00″LU ini merupakan titik pertemuan antara Laut Bering dan Samudra Arktik.

Baca Juga: 9 Alasan Mengapa Muhammadiyah Pakai Hisab Bukan Rukyat untuk Tentukan 1 Ramadhan dan 1 Syawal

Dan ujung dunia paling timur adalah titik daratan paling timur di Bumi, yaitu Tanjung Reinga di Selandia Baru. Tanjung Reinga di Selandia Baru merupakan titik pertemuan antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia terletak pada koordinat 172°10′00″BT, 34°47′00″S. Tanjung ini merupakan tempat yang suci bagi masyarakat Maori.

Selain definisi geografis, ujung dunia juga dapat didefinisikan sebagai titik di mana atmosfer Bumi berakhir dan antariksa dimulai. Batas teoretis antara atmosfer Bumi dan antariksa disebut sebagai Garis Karman yang terletak ketinggian sekitar 100 kilometer di atas permukaan Bumi.

Baca Juga: Peringatan Serius: 4 Bahaya Mendownload Link GB WhatsApp

Jadi jawaban di mana letaknya ujung dunia adalah tergantung pada bagaimana kita mendefinisikannya. Secara geografis, ujung dunia adalah titik paling utara, paling selatan, paling barat, atau paling timur di Bumi. Namun, jika kita mendefinisikannya sebagai titik di mana atmosfer Bumi berakhir dan antariksa dimulai, maka jawabannya adalah Garis Karman.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image