Home > Hikmah

Apa Hukumnya Puasa Tapi tidak Sholat Wajib 5 Waktu, Apakah Puasa Ramadhannya Sah?

Orang yang berpuasa tetapi tidak sholat wajib lima waktu seperti memakai baju tetapi tidak memakai celana.

Sholat Wajib. Bagaimana hukum orang yang ikut puasa tetapi tidak sholat wajib lima waktu di bulan Ramadhan?
KURUSETRA -- Salam Sedulur... Selama Ramadhan ada umat Islam yang ikut berpuasa dari Adzan Subuh hingga Adzan Maghrib, tetapi mereka tidak melaksanakan sholat wajib lima waktu. Lantas bagaimana hukumnya orang yang puasa tetapi tidak sholat wajib, apakah puasanya sah?

Jawaban pertanyaan itu bisa didapatkan dari penjelasan penasihat Mufti Mesir, Syekh Dr Majdi Asyour, yang menegaskan jika puasa di bulan Ramadhan dan sholat lima waktu itu wajib hukumnya. Dia menjelaskan puasa yang tidak disertai sholat, maka puasanya tetap sah. Namun tidak semua yang sah itu makbul atau diterima.

Baca Juga: Doa Buka Puasa Selain Allahumma Laka Shumtu Wa Bika Amantu

"Sah tidaknya puasa orang yang tidak menunaikan sholat wajib, itu urusan Allah SWT. Tidak semua yang sah itu diterima. Ingatlah, ketika Anda berpuasa dan sholat, ibadah Anda jadi komplit," kata Syekh Dr Majdi Asyour.

Dia berkata, dengan berpuasa sepantasnya seorang Muslim memelihara sholatnya. Sebab puasa memperbaiki sholat.

"Dan shalat memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi selama puasa," ucap dia.

Baca Juga: Amangkurat I Raja Kerajaan Mataram Islam Serahkan Semarang ke VOC Sebagai Imbalan Bantu Pemberontakan Trunojoyo

Pendapat serupa disampaikan anggota Fatwa Elektronik Al-Azhar Internasional, Syekh Muhammad al-Alimi. Dia menjelaskan, meninggalkan sholat adalah dosa besar dan seorang Muslim harus menghindari dosa besar di bulan Ramadhan dan juga di bulan-bulan lainnya.

Syekh Muhammad al-Alimi menegaskan, siapa pun yang meninggalkan sholat di bulan Ramadhan, maka telah melakukan dosa besar. Muslim yang meninggalkan sholat harus segera bangkit untuk kembali menunaikan sholat yang telah ditinggalkannya.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Menjelang Ramadhan 2024

"Meski meninggalkan sholat merupakan musibah, tetapi memang tidak membatalkan puasanya, tetapi mengurangi pahala puasanya," tutur dia seperti dilansir Elbalad, Rabu (30/3/2022).

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image