Home > Hikmah

Doa Agar Bisa Cepat Naik Haji

Nabi Ibrahim memanjatkan doa bagi setiap orang yang beriman yang ingin cepat menjadi tamu Allah di Tanah Suci alias naik haji.

Jamaah Haji Indonesia. Kerajaan Arab Saudi pernah memberikan izin kepada jamaah haji Indonesia yang tidak bisa pulang ke tanah air karena Perang Dunia II, untuk tinggal di Mekkah.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Musim haji sudah di depan mata, tahun ini Indonesia mendapatkan jatah kuota haji 241.000 dengan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1445 Hijriah atau tahun 2024 senilai Rp 93,4 juta. Namun naik haji bukan soal uang, tetapi panggilan Allah dan ternyata ada doa agar bisa cepat naik haji.

Dalam Surah Al Baqarah ayat 128 mengabadikan doa Nabi Ibrahim Alahissalam dan putranya Nabi Ismail Alaihissalam. Nabi Ibrahim memanjatkan doa bagi setiap orang yang beriman yang ingin cepat menjadi tamu Allah di Tanah Suci alias naik haji.

Doa yang agar naik haji cepat:

???????? ???????????? ???????????? ???? ????? ????????????? ??????? ??????????? ????? ????????? ???????????? ?????? ????????? ? ??????? ????? ??????????? ??????????

“Rabbana waj’alna muslimaini laka wamin dzurriyyatina ummatan muslimatan laka wa arina manasikana watub ‘alaina innaka antat-tauwwabur rahim”

Artinya. “Wahai Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang taat kepada-Mu, begitu pula anak keturunan kami. Jadikanlah mereka ummat Islam, ajarkanlah cara-cara beribadah haji kepada kami, ampunilah dosa-dosa kami. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang kepada semua makhluk-Mu.”

Biaya Naik Haji

Dari BPIH Rp 93,4 juta, Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) atau biaya yang dibayar langsung oleh jamaah haji sebesar Rp 56.046.172 atau sebesar 60 persen. Biaya yang dikeluarkan jamaah meliputi biaya penerbangan, akomodasi di Mekkah, sebagian akomodasi Madinah, biaya hidup (living cost) dan biaya visa.

Sisanya akan diambil dari nilai manfaat keuangan haji rata-rata per jemaah sebesar Rp37.364.114 atau sebesar 40 persen, meliputi komponen biaya penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi dan komponen biaya penyelenggaraan ibadah haji di dalam negeri. Ongkos naik haji yang naik setiap tahun bisa jadi membuat banyak umat Islam pesimis. Padahal, naik haji merupakan salah satu ibadah puncak bagi kaum Muslimin yang disyariatkan agama Islam.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image