Home > Hikmah

Apa Arti Samiallahu Liman Hamidah Saat Berdiri Setelah Rukuk?

I'tidal tidak boleh dikerjakan secara terburu-buru dan harus tenang atau tumakninah untuk mendapatkan kekhusyukan.

sholat ilustrasi.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... I'tidal adalah salah satu rukun sholat yang wajib dilakukan dengan tumaninah. Saat i'tidal ada doa yang dilafalkan saat posisi tubuh berdiri tegak antara rukuk dan sujud.

Syekh Nawawi Banten dalam kitabnya Kasyifatus Saja menjelaskan i'tidal sebagai kembalinya orang yang sholat pada posisi sebelum ia melakukan rukuk, baik kembali pada posisi berdiri ataupun pada posisi duduk. I'tidal tidak boleh dikerjakan secara terburu-buru dan harus tenang atau tumakninah untuk mendapatkan kekhusyukan.

Rasulullah dalam HR Tirmidzi, menegur orang yang tidak melakukan I'tidal dengan punggung tidak lurus. Dalam hadis dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu, Nabi shallallahu' alaihi wasallam bersabda:

?? ???? ?? ????? ??? ??????? ??? ??? ?? ???? ?????? ??? ????? ???????

"Sesungguhnya di hari kiamat Allah tidak akan memandang orang yang tidak meluruskan tulang sulbinya di antara rukuk dan sujud" (HR. Tirmidzi no. 2678, Abu Ya'la dalam Musnad-nya no. 3624, Ath Thabrani dalam Al Ausath no.5991. Dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ahadits Shahihah no. 2536).

BACA JUGA: Kapan Puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharram? Ini Perintah Rasulullah

Namun bukan berarti berdiri iktidal tidak dilakukan dalam waktu lama karena rukun pendek dan harus segera dilanjutkan untuk sujud. Doa i'tidal mulai dibaca saat badan bangkit dari ruku. Sambil mengangkat badan dan membaca:

?????? ????? ?????? ????????

Arab-latin: Sami'allahu liman hamidah.

Artinya: "Allah mendengar orang yang memuji-Nya."

Kemudian, saat berdiri dilanjutkan membaca:

???????? ???? ????????? ?????? ???????????? ???????? ????????? ???????? ??? ?????? ???? ?????? ??????

Arab-latin: Rabbanaaa lakal hamdu mil-ussamaawaati wa mil-ul-ardhi wa mil-u maa syik-ta min syai-im ba'du.

Artinya: "Ya Allah Tuhan Kami, Bagi-Mu lah segala puji, sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh barang yang Kau kehendaki sesudah itu."

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image