Home > Sejarah

Salah Masuk Masjid NU, Ketua Muhammadiyah Pak AR Malah Diminta Jadi Imam Sholat Tarawih

Pak AR diminta menjadi imam sholat tarawih di masjid yang dikelola warga NU.
Ketua Umum PP Muhammadiyah, KH Abdur Rozaq Fachruddin pernah salah masuk masjid ketika diundang ceramah.
Ketua Umum PP Muhammadiyah, KH Abdur Rozaq Fachruddin pernah salah masuk masjid ketika diundang ceramah.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Di kehidupan sehari-hari, warga NU dan orang Muhammadiyah sejatinya saling menghormati meski ada sedikit perbedaan dalam fiqih, termasuk fiqih sholat. Seperti cerita Ketua Umum PP Muhammadiyah, Allahyarham KH Abdur Rozaq Fachruddin alias Pak AR yang pernah salah masuk masjid yang dikelola warga Nahdliyin. Padahal, seharusnya Pak AR datang ke masjid yang dikelola Muhammadiyah untuk mengisi pengajian.

Cerita bermula pada bulan Ramadhan di mana Pak AR seharunya datang ke Masjid At-Taqwa di Ponorogo, Jawa Timur, untuk mengisi pengajian. Namun, Pak AR salah masuk masjid gara-gara nama masjid yang dikelola warga NU juga Masjid At-Taqwa.

Saat itu Pak AR diundang mengisi ceramah di pengajian Muhammadiyah. Lokasinya ada di Masjid At-Taqwa milik Muhammadiyah.

.

BACA JUGA: Kisah Pak AR Ketua Muhammadiyah yang Dijebak Pimpin Yasinan Malam Jumat

Namun Pak AR salah masuk ke masji berbeda yang memiliki nama sama. Tetapi Masjid At-Taqwa yang dimasuki Pak AR adalah milik NU yang kebetulan saat itu juga sedang mengelar pengajian.

Seperti diceritakan aktivis Muhammadiyah Nurbani Yusuf pada 2019 yang dinukil dari Muhammadiyah.or.id, meski orang Muhammadiyah, Pak AR disambut penuh hormat oleh takmir masjid. Saat warga Muhammadiyah menyusul, beliau meminta waktu mengikuti acara di masjid NU itu sampai selesai.

BACA JUGA: Dianggap Berbeda, Ternyata Warga Muhammadiyah Punya Tradisi Yasinan, Begini Cara Baca Surah Yasin

Setelah pengajian selesai, Pak AR tak boleh langsung pulang....

× Image