Home > Hikmah

Ditipu Orang China Makan Babi, Kiai Asnawi: Alhamdulillah Saya Jadi Tahu Rasanya Daging Babi

Gus Baha menceritakan Kiai Asnawi berterima kasih saat ditipu orang China sehingga tidak tahu sudah makan daging babi.
KH Raden Asnawi. Gus Baha menceritakan tentang kisah Kiai Asnawi yang berterima kasih karena ditipu makan daging babi. Foto: Dok Republika 
KH Raden Asnawi. Gus Baha menceritakan tentang kisah Kiai Asnawi yang berterima kasih karena ditipu makan daging babi. Foto: Dok Republika

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sebuah video yang menampilkan seorang perempuan dengan memakai jilbab membuat tutorial cara makan daging babi secara halal tersebar di TikTok. Warganet geram lantaran dengan perempuan yang mengaku seorang Muslimah bernama Dewi Bulan itu dinilai melecehkan agama Islam. "Kita mulai bagaimana praktek makan babi tetap halal dan ada etikannya. Baca Bismillahirohmanirohim terlebih dahulu," kata Dewi Bulan di akun TikTok @gondrong040681.

Seperti kita tahu, seorang Muslim dilarang mengkonsumsi daging babi dan turunnya. Hukumnya asal makan daging babi haram terkecuali tanpa sengaja atau tidak tahu yang dimakan adalah daging babi. Karena itu jika ada seorang Muslim yang tidak sengaja makan daging babi tidak apa-apa seperti kisah KH Raden Asnawi, Kudus, Jawa Tengah, yang dihidangkan daging babi oleh orang China tanpa memberi tahu sebelumnya. Kiai Asnawi diharapkan malu dan kesal setelah tahu sudah makan daging babi, tetapi ternyata dugaan Orang China tersebut salah. Kiai Asnawi malah berterima kasih. Kok bisa?

Perempuan menggunakan jilbab dan mengaku Islam dan bemama Dewi Bulan menghina Islam dengan memakan babi sambil baca Al Fatihah. 
Perempuan menggunakan jilbab dan mengaku Islam dan bemama Dewi Bulan menghina Islam dengan memakan babi sambil baca Al Fatihah.

BACA JUGA: Bukan Rendang Babi, Gus Dur Sebut Makanan Paling Haram Itu Babi Hamil Babi Bapaknya Jadi Sate Babi

Pengasuh Pesantren Tahfidz Al-Qur'an LP3IA Narukan Rembang, KH Bahauddin Nursalim atau yang lebih dikenal Gus Baha menceritakan kisah orang-orang sholeh yang jika ditipu orang supaya terjerumus memakan barang yang haram, mereka tenang-tenang saja. Salah satunya masyhur cerita tentang KH Raden Asnawi.

"Ada orang China pada saat itu sedang berlangsung gagasan Revolusi China. Ceritanya, dia ingin mempermalukan beliau (Kiai Raden Asnawi)," cerita Gus Baha.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Pendeta Tawari Kiai Daging Babi, Kiai Balas Tawari Pendeta Menikah, Sama-Sama Enak

Orang China tersebut mengundang Kiai Asnawi dalam jamuan makan yang ternyata isinya adalah daging babi dan celeng (babi hutan). Ketika selesai makan, Kiai Asnawi baru dikasih tahu orang China tersebut bahwa yang dimakan adalah daging babi.

Peristiwa ini terjadi di depan banyak orang, termasuk santri-santri KH Raden Asnawi. "Pak Yai, tahu apa yang Anda makan?" tanya orang China yang mengundang Kiai Asnawi.

"Apa itu?" tanya balik Kiai Asnawi.

"Yang saya suguhkan ke kiai adalah daging babi dan celeng," ucap orang China tersebut.

BACA JUGA: Setelah Nasi Padang Rendang Babi, Kini Muncul Nasi Uduk Aceh Dendeng dan Sate Babi

Namun, reaksi Kiai Asnawi di luar dugaan orang China tersebut...

× Image