Home > Sejarah

Adik Presiden AS Robert Kennedy Ditimpuk Telur Busuk di UI

Robert Kennedy ditimpuk telur busuk saat hendak memberikan ceramah di Universitas Indonesia.
Presiden Soekarno menyambut Robert Kennedy dan istrinya Nyonya Ethel Kennedy. Foto: Tangkapan Layar/ Dok Republika.
Presiden Soekarno menyambut Robert Kennedy dan istrinya Nyonya Ethel Kennedy. Foto: Tangkapan Layar/ Dok Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Presiden Soekarno menerima Jaksa Agung Amerika Serikat, Robert Kennedy, dan istrinya, Nyonya Ethel Kennedy, di Istana Merdeka Jakarta, Januari 1964. Kedatangan adik Presiden AS John Kennedy itu ke Indonesia sebagai utusan khusus Presiden AS untuk mendamaikan konfrontasi antara Indonesia-Malaysia yang dibantu Inggris, yang telah menjadi perang terbuka di perbatasan kedua negara.

Robert Kennedy, yang juga seperti kakaknya John Kennedy, mati terbunuh ketika berkampanye untuk Presiden. Dalam melaksanakan tugasnya itu, ia telah dua kali bertemu Bung Karno. Pertama, di Tokyo ketika Bung Karno dan pada 22 Januari 1964 saat dia kembali ke Jakarta dari Kuala Lumpur. Ketika itu, Bung Karno sudah kembali dari Jepang.

BACA JUGA: Bendera LGBT di Inggris, Teringat Pidato Soekarno: Amerika Kita Setrika, Inggris Kita Linggis!

.

Salah satu acara dalam kunjungan empat hari di Indonesia, Robert Kennedy akan memberikan ceramah di Universitas Indonesia (UI), Salemba, Jakarta Pusat. Suasana berjalan mulus ketika mobil tamu negara memasuki pekarangan UI. Namun setelah melewati pagar betis untuk menuju Aula Fakultas Hukum UI, tiba-tiba sebuah timpukan telur busuk dari sela-sela kerumunan orang mengenai kepalanya.

Menurut seorang mantan mahasiswa UI yang ketika itu berada di kerumunan, Robert Kennedy tidak menunjukkan kemarahannya. Tidak diketahui siapa pelemparnya dan tidak ada upaya mencari siapa pelakunya. Namun setelah insiden ini, dia tetap berceramah.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Anjing Presiden Amerika Menangis, Tertawa, dan Stress Usai Dibisikin Gus Dur

Ketika itu, di samping anti-Inggris yang menurut Bung Karno sebagai arsitek berdirinya Malaysia, juga anti Amerika Serikat dengan semboyan Go to hell with your aid, yang sering dikumandangkan Bung Karno. Kalau di Baghdad, Presiden Bush pernah ditimpuk dengan sepatu oleh Multazar Aljaidi sebelumnya nasib yang sama menimpa Kennedy.

Dua hari sebelum Robert Kennedy ke Indonesia, telah terjadi demonstrasi anti-Inggris dan mendesak pemerintah memutuskan hubungan diplomatik dengan negara ini. Kaum buruh Indonesia telah mengambil alih tiga perusahaan Inggris: Unilever di Jakarta dan P&T Lands serta satu lagi di Subang, Jawa Barat.

BACA JUGA: Soekarno Hampir Mati Ditembak Saat Sholat Idul Adha di Istana Negara

Pada 20 Januari 1964, kaum buruh juga mengambil alih perusahaan PT Shell Indonesia di Jalan Perwira yang kini menjadi kantor pusat Pertamina. PT Shell adalah milik bersama Inggris-Belanda. Juga, pabrik rokok British American Tobacco (BAT) yang memproduksi rokok Commodore dan Escort di Cirebon diambil alih oleh buruh.

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Download Minecraft PE 1.19.11 Versi Terbaru: Mudah, Cepat, Gratis Update Fitur Baru

> Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

> Download Video TikTok Pakai SssTikTok, Gratis, Aman, Mudah Anti-ribet

> GB WhatsApp (GB WA) Versi Januari 2023 Anti-banned, Gratis Download di Sini

> Walau Cucu Pendiri NU, Gus Dur Sebenarnya Warga Muhammadiyah

> YTMP3 Converter: Download MP3/Lagu dari YouTube, Gampang dan Gratis Pakai HP Juga Bisa

> MP3 Juice: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Cepat tanpa Tunggu Lama

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image