Home > Hikmah

Saking Hebatnya, Jamaah Haji Indonesia Bikin Setan Sampai Jengkel, Ini Alasannya

Gus Baha menyebut jamaah haji Indonesia terbaik di dunia.
Jamaah haji saat sedang sa'i. Gus Baha menjelaskan tentang kehebatan jamaah haji Indonesia yang bahkan setan saja sampai dibuat jengkel.
Jamaah haji saat sedang sa'i. Gus Baha menjelaskan tentang kehebatan jamaah haji Indonesia yang bahkan setan saja sampai dibuat jengkel.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Ada saja cerita lucu yang terselip selama proses haji setiap tahunnya. Termasuk cerita-cerita lucu dari jamaah haji Indonesia yang dikenal sebagai jamaah yang paling tertib dan sopan. Bahkan menurut Gus Baha, jamaah haji Indonesia adalah yang terbaik dunia, hingga setan saja dibuat jengkel.

Gus Baha menjelaskan, jamaah haji Indonesia ketika sholatnya hingga tawaf semuanya benar karena sudah terlatih selama manasik yang memakan waktu enam bulan. "Orang paling bodoh sekalipun bakal jadi pintar. Itu dari Kemenag ada yang mengajari, KBIH juga mengajari, kiai atau guru kultural juga ikut menjelaskan. Sampai cara melempari setan pun diajari," kata Gus Baha seperti dalam ceramahnya.

BACA JUGA: Dilarang Satpam Merokok di Hotel, Kiai NU: No Smoking Artinya Nahdatoel Oelama Merokok

.

Gus Baha mencontohnya soal latihan cara melempar setan yakni harus kena A-Marma. Nanti, kata Gus Baha, di situ ada tugu, itu harus kena. Batunya (untuk melempar) juga sudah dijelaskan detail jumlahnya dan kemudian dipraktikkan.

"Lemparan pertama di Jamroh Al-Ula, benar semua. Kalau kamu tahu jamaah haji lain, sandal pun dilempar dan jam dilempar," kata murid Mbah Moen ini.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Gempa Yogyakarta Terjadi Gara-Gara Nyi Roro Kidul Marah Dipaksa Pakai Jilbab

Kalau jamaah haji Indonesia menurut Gus Baha, jelas, syarat kesekian yang dilempar harus berupa batu. "Maka tidak boleh pakai sandal apalagi pakai dollar. Kalau setan dilempari dollar kesenangan dia," kata Gus Baha.

Ia berkata, semua rukun haji diterangkan detail. Bahkan jamaah haji Indonesia dikenal unik karena punya usaha (alternatif) lain saat menjalankan ritual hajinya, yaitu buku bacaan doa yang dikalungkan, barangkali tidak hafal.

BACA JUGA: Dilarang Satpam Merokok di Hotel, Kiai NU: No Smoking Artinya Nahdatoel Oelama Merokok

"Jamaah haji selalu membawa buku saku berisi panduan Haji tersebut. Jadi setan menggoda 'mudah-mudahan lupa'. Gimana mau lupa, jamaah Haji Indonesia bawa cadangan (buku panduan). Pokoknya setan dibuat pusing dan jengkel kalau menghadapi jamaah Haji dari Indonesia," ucap Gus Baha.

Nabi Ibrahim mengajarkan doa agar cepat dipanggil Allah untuk menunaikan ibadah haji. Doanya adalah...

× Image