Home > Legenda

Benarkah Ratu Elizabeth II dan Raja Charles III Keturunan Nabi Muhammad?

Klaim Ratu Elizabeth II keturunan Rasulullah sudah berlangsung bertahun-tahun tetapi belum terbukti kebenarannya.
Ratu Elizabeth II dan Raja Charles III. Klaim Ratu Elizabeth II keturunan Rasulullah sudah berlangsung bertahun-tahun tetapi belum terbukti kebenarannya. Foto: Republika.
Ratu Elizabeth II dan Raja Charles III. Klaim Ratu Elizabeth II keturunan Rasulullah sudah berlangsung bertahun-tahun tetapi belum terbukti kebenarannya. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Cerita soal Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia pada 8 September 2022 terus bergulir. Salah satunya kabar yang sempat beredar jika Ratu Elizabeth adalah keturunan Nabi Muhammad. Jika kabar itu benar, artinya Raja Charles III yang menjadi penguasa Inggris Raya saat ini pun memiliki garis keturunan Rasulullah. Benarkah?

Kabar ini sebenarnya sudah bertahun-tahun lalu beredar. Seperti diberitakan Republika.co.id pada Kamis 26 Mei 2016, dilansir dari laman Daily Pakistan, beberapa sejarahwan mengklaim, Ratu Elizabeth II berasal dari keturunan keluarga penguasa Spanyol abad pertengahan, Abu al-Qasim Muhammad ibn Abbad. Ia merupakan keturunan Nabi Muhammad dari putrinya Fatima dan cucunya Hasan bin Ali.

BACA JUGA: Ratu Inggris Wafat, Teringat Kesegaran Es Cendol Elizabeth Bandung

Al-Qasim awalnya merupakan seorang hakim yang ditunjuk oleh Khalifah Cordoba. Tapi Qasim kemudian merebut kekuasaan dan membentuk dinasti sendiri yakni, Abbadids. Ia menjadi penguasa Seville di al-Andalus pada tahun 1023.

Enam dekade kemudian, yakni tahun 1091, Dinasti Murabiton Maroko menyerang Kerajaan Abbadid yang diperintah oleh cucu Qasim, Al-Mu'tamid bin Abbad. Ibnu Abbad kemudian dikalahkan dan dilengserkan.

BACA JUGA: Ratu Elizabeth II Wafat, Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja Inggris

Sementara itu, putrinya, Zaida, melarikan diri dan berlindung di Istana Raja Alfonso VI dari Leon. Beberapa tahun kemudian Zaida mengubah namanya setelah dibaptis dengan nama Isabella. Raja Alfonso pun menikahi Isabella, setelah kematian istri pertamanya. Alfonso dan Isabella memiliki tiga anak.

Dua abad kemudian di 1352, keturunan Zaida dan Alfonso, Maria de Padilla memiliki anak dengan Raja Peter dari Castille. Dari empat orang anak mereka dua di antaranya menikah dengan anak-anak laki-laki Raja Erward III dari Inggris.

BACA JUGA: Profil Pangeran Charles, Raja Inggris Pengganti Ratu Elizabeth II

Setelah lepasnya Spanyol dari kekuasaan Muslim, banyak dari para umat Islam yang taat dipaksa murtad pindah menjadi Kristen. Banyak pula dari mereka yang dibunuh berasal dari keturunan langsung Nabi Muhammad.

Mitos ini memang belum diketahui pasti kebenarannya. Namun klaim oleh banyak ahli sejarah mengatakan Ratu Elizabeth merupakan salah satu keturunan Muslim Spanyol Sayyeds.

BACA JUGA: Rasulullah Gunakan Rukyat, Mengapa Muhammadiyah Memakai Hisab? Ini 9 Alasannya

Klaim Ratu Elizabeth keturunan Rasulullah juga datang dari sebuah studi pada 1986... baca di halaman selanjutnya...

× Image