Home > Humor

Humor Gus Dur: PM India Tertawa Ada Orang Kencing di Pinggir Jalan Moskow, Ternyata Dubes India

Presiden Uni Soviet tertawa melihat banyak orang India kencing di pinggir jalan Kota New Delhi.
Gus Dur. KH Abdurrahman Wahid bercerita tentang PM India dan Presiden Uni Soviet.
Gus Dur. KH Abdurrahman Wahid bercerita tentang PM India dan Presiden Uni Soviet.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Hubungan Uni Soviet dan India semasa Perang Dingin sangat akrab. India yang menolak produk kapitalisme menempuh jalan sosialis, dengan membuat sendiri barang-barang modal dan barang konsumsi. Bajaj dan mobil sedan adalah satu produk India yang lahir di era tersebut.

Pada dekade 1960--1980-an orang-orang kaya amat bangga menaiki mobil-mobil sedan produksi dalam negeri. Jalan sosialis yang ditempuh India itu menggambarkan hubungan baik antara India dengan Uni Soviet, sehingga pimpinan kedua negara tersebut punya "kewajiban" untuk saling berkunjung.

BACA JUGA: Siapa Nupur Sharma, Politikus India yang Menghina Islam dan Nabi Muhammad

KH Abdurrahman Wahid punya cerita soal Soviet dan India. Suatu hari Presiden Uni Sovyet, Leonid Breznev, diundang Perdana Menteri Indira Gandhi berkunjung ke India. Mereka pun duduk dalam mobil yang sama dari Bandara menuju pusat pemerintah India di New Delhi.

Namun, ketika hendak memasuki Kota New Delhi, Breznev melihat banyak orang yang kencing di pinggir jalan. Ia pun berkomentar di depan Indira Gandhi.

"Di Moscow, Anda tak akan menemukan orang-orang kencing seenaknya di pinggir jalan,'' tukas Breznev. Indhira Gandhi langsung tertunduk malu dan tidak bisa bicara atau pun membantah fakta di depan mata.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Setelah Bubarkan Seminar, Dua Polisi Cegat Gus Dur di Jalan, Ternyata Mau Cium Tangan

× Image