Home > News

Hari Tanpa Tembakau, Cak Nun: Larang Tembakau Aku Adukan ke Penciptanya, Tuhan Engkau Diharamkan

Tembakau itu untuk semua. Jangan dihina-hina, kata Cak Nun.
Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun tidak setuju dengan pendapat yang menyatakan tembakau atau rokok haram. Foto: IST
Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun tidak setuju dengan pendapat yang menyatakan tembakau atau rokok haram. Foto: IST

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Saban 31 Mei 2022 diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day. Peringatan ini menjadi pengingat bahaya tembakau bagi manusia, kesehatan masyarakat, dan lingkungan, sekaligus mengajak para perokok untuk "berpuasa" merokok selama 24 jam.

Hukum tembakau atau rokok memang tidak habis-habisnya menjadi polemik. Termasuk di kalangan ulama yang terbelah menyebut rokok itu hukumnya makruh hingga haram.

BACA JUGA: Humor: Habib Umar Ditegur Dokter Kalau Merokok Nanti Mati, Dijawab Tenang Saja Saya Bawa Korek

Namun, Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun tidak setuju dengan pendapat yang menyatakan tembakau atau rokok haram. Menurut dia, yang melarang atau mengharamkan rokok berarti menghina penciptanya yakni Allah.

"Tembakau itu untuk semua. Jangan dihina-hina. Ini Aku yang menciptakan, dan ada manfaatnya. Kamu hanya saja belum paham. Jangan menghina tembakau-Ku," ujar Cak Nun dalam satu pidatonya di sebuah pengajian Maiyah.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Di Pesantren Santri Dilarang Merokok, Kalau Kiai Boleh

Dalam kesempatan itu, Cak Nun seolah-olah sedang berdialog dengan Allah dam mengadukan ada orang yang menyebut tembakau yang merupakan ciptaan-Nya disebut sebagai haram. "Pokoknya siapa saja yang berani melarang tembakau, saya adukan pada penciptanya. Tembakau haram. Tuhan, Engkau diharamkan," kata Cak Nun.

× Image