Home > News

Jusuf Hamka: Pak Kiai Ibu Saya Sakit, Bisa Gak Suara Toa Masjidnya Dikecilin

Keindahan toleransi yang diperlihatkan umat Islam membuat Jusuf Hamka menjadi mualaf.
Pengusaha Jusuf Hamka punya pengalaman dengan toa masjid. Sebelum memeluk Islam, Jusuf Hamka terkesan dengan toleransi umat Islam.
Pengusaha Jusuf Hamka punya pengalaman dengan toa masjid. Sebelum memeluk Islam, Jusuf Hamka terkesan dengan toleransi umat Islam.

KURUSETRA -- Salam Sedulur.. Pengusaha Jusuf Hamka dikenal sebagai seorang mualaf. Ia pun bercerita salah satu faktor yang membuatnya tersentuh akan keindahan Islam hingga memutuskan memeluk agama yang dibawa Rasulullah tersebut.

"Pernah satu hari depan rumah rumah kan masjid, ibu saya waktu itu sakit nyaris stroke. Pas di depan rumah saya speaker toanya ke rumah kami," kata Jusuf Hamka dalam cuplikan video yang beredar di Youtube.

BACA JUGA: Rasulullah Gunakan Rukyat, Mengapa Muhammadiyah Memakai Hisab? Ini 9 Alasannya

"Saya waktu itu kan banyak teman-teman Muslim walaupun saya sebelum Muslim, saya berinteraksi. Saya bicara sama pengurus masjid. Saya bilang pak kiai, saya manggilnya selalu pak kiai, pokoknya pengurus masjid saya anggap kiai, dulu dulu orang berpeci saya anggap kiai pokoknya," kata Jusuf Hamka.

Jusuf Hamka memohon kepada pengurus masjid mengecilkan suara toa masjid, setidaknya selama tiga hari sampai ibunya sembuh. "Pak kiai, ibu saya sakit, ibu saya kadangkala suka ke bangun-bangun malam-malam kalau mendengar suara adzan. Boleh enggak bantu saya tolong deh tiga hari dikecilin sampai ibu saya sembuh, atau nanti kami cari tempat saudaranya kami pindahin," kata Jusuf Hamka.

BACA JUGA: Humor Gus: Cinta Sejati Seperti Tarawih Mampu Bertahan Sampai 23 Rakaat, Tapi Mas Saya Muhammadiyah

"Waktu itu saya namanya Alun," cerita Jusuf Hamka. "Alun, kamu nggak usah khawatir, katanya kita enggak pakai speaker luar, speaker dalam aja. Kamu minta tiga hari saya kasih seminggu. Akhirnya seminggu sampai ibu saya sembuh enggak jadi stroke."

Pengalamannya tentang toleransi beragama umat Islam itu yang menjadi salah satu faktor Jusuf Hamka memeluk Islam,. "Nah di situ saya lihat toleransinya umat Islam luar biasa, ini salah satu yang bawa saya masuk Islam," ucap Jusuf Hamka.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:
>
Humor Gus Dur: Kiai tidak Sahur Gara-Gara Santri Kebanyakan Tanya Saat Disuruh Beli Telur

> Kiai Tampar Anggota Banser: Kiai Gak Dijaga Malah Gereja yang Dijaga!

> GP Ansor Bantah Anggota Banser Lecehkan Tsamara Amany: Fotonya Dicatut

> Humor Gus Dur: Pastor Lega Dikira Gak Jadi Diterkam Harimau, Ternyata Harimaunya Lagi Baca Doa Makan

> Sempat Tantang Novel Bamukmin Duel, Denny Siregar: Gak Jadi Deh, Gw Males Bulan Puasa Berantem

> Sujiwo Tejo: Wayang Diharamkan ya Monggo, Toh Sudah Sejak Zaman Sunan Giri

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Sujiwo Tejo Mendalang Wayang di Acara PKS: Terima Kasih Menampilkan Barang Haram Ini

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image